ac mobil, ac mobil bogor, ac bogor, hadi ac, ac lokasi bogor, indonesiaPemahaman Dasar AC - ac mobil bogor

Pemahaman Dasar AC

Definisi Global A/C mobil

Sebuah sistem A/C digunakan untuk mengatur suhu udara, sirkulasi udara, kelembaban udara dan kebersihan udara.

Jadi Air Conditioner (A/C) yaitu untuk mempertahankan kondisi udara baik itu suhu maupun kelembabannya agar terasa nyaman.

Pada saat suhu ruangan tinggi A/C akan mengambil udara panas sehingga udara dapat turun dan sebaiknya jika suhu ruangan rendah.

Bersamaan dengan itu kelembaban udara juga dikurangi sehingga udara dapat dipertahankan sesuai kebutuhan kita.

Dasar-Dasar Komponen A/C

Saat mendinginkan ruangan melalui cairan yang menguap dengan mengambil panas disekitarnya, gas yang menguap tersebut dingin kemudian mencair dan disirkulasikan. Dalam hal ini gas berubah menjadi cairan, kadang kadang panas pada gas harus dibuang, tetapi jika gas dikompresikan dengan tekanan tinggi akan lebih cepat mencair. Pada sistim A/C compressor menaikkan tekanan gas dan condensor melepas/membuang panas gas tersebut.

Syarat-Syarat Perlengkapan A/C

Umumnya, perlengkapan A/C adalah cairan yang harus mudah menguap (refrigerant) pada sirkulasi tertutup dan bersirkulasi ke semua bagian dimana dihubungkan dengan pipa dan berubah menjadi gas, kemudian mencair dan menjadi gas kembali. Pada A/C mobil, gas refrigerant berubah menjadi gas yang bersuhu rendah dan mencair kembali dengan mudah. Refrigerant berubah menjadi gas di dalam evaporator.

 

Sirkulasi Refrigerant Pada A/C Mobil

Sirkulasi refrigerant pada A/C mobil terdiri dari compressor, condenser, receiver, expansion valve dan evaporator. Pada sistim A/C refrigerant ikut bersirkulasi, panas diruang penumpang diserap melalui evaporator dan dibuang melalui condenser.

  • Compressor

Compressor menghisap gas yang menguap dari evaporator dan kemudian dikompresikan, gas akan mencair di condenser.Setelah dikompresikan compressor gas berubah menjadi gas yang bersuhu tinggi dan tekanan tinggi.

  • Condenser

Condenser mencairkan gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi dari compressor. Saat refrigerant masuk ke condenserberubah wujud dari gas ke cair sehingga keluar dari condenser berupa cairan refrigerant. Jika pendinginan di condenser kurang sehingga yang keluar dari condenser masih berupa gas menyebabkan kemampuan pendinginan berkurang.

  • Receiver

Receiver adalah tempat menampung sementara refrigerant sebelum dikabutkan di expansion valve. Dalam receiver refrigerant disaring dan dialirkan ke expansion valve sesuai dengan kebutuhan sistim A/C.

  • Expansion Valve

Expansion valve menjaga agar tekanan evaporator tetap. Saat dikabutkan, cairan refrigerant yang bertekanan tinggi dirubah menjadi bertekanan rendah, refrigerant yang dikabutkan bersuhu rendah akan mudah menguap.

  • Evaporator

Di dalam evaporator kabut refrigerant menguap dan mengambil panas dari ruang penumpang sehingga refrigerant yang keluar dari evaporator berbentuk gas.